Pages

Mengenal lebih dalam tentang Makanan 4 Sehat 5 Sempurna


***
Istilah makanan 4 sehat 5 sempurna memang sudah tidak asing lagi. Makanan ini terdiri dari nasi, lauk pauk, sayur, buah, dan 5 sempurnanya berupa susu.
Secara mendasar, makanan 4 sehat 5 sempurna harus mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral. Semua nutrisi ini diperlukan agar tubuh tetap sehat dan terpenuhi kebutuhan gizinya.
Mengenal lebih dalam tentang makanan 4 sehat 5 sempurna
1.     Nasi atau makanan pokok
Nasi sering diandalkan dari segi kandungan karbohidratnya. Bagi tubuh, karbohidrat memiliki peranan sebagai sumber energi. Saat ini, banyak orang yang mengganti kebiasaan makan nasi putih dengan nasi merah atau umbi- umbian, karena dianggap lebih sehat. Selain itu, kamu bisa mendapat sumber karbohidrat dari jagung, singkong, ubi, kentang, dan gandum.
2.     Lauk Pauk
Lauk pauk menjadi sumber protein untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, menyeimbangkan hormon dalam tubuh, dan membangun serta memperbaiki sel tubuh yang rusak.
Kamu bisa memperoleh nutrisi ini dari beragam jenis lauk pauk seperti ikan, ayam, sapi, kambing, seafood, bebek, dan lainnya sebagai sumber protein hewani. Sedangkan untuk sumber protein nabati, kamu bisa dapatkan dari kacang- kacangan, biji- bijian, tahu, tempe, dan telur.
Pastikan hindari mengonsumsi terlalu banyak lemak jenuh yang biasanya ada dalam makanan berminyak seperti gorengan, karena dapat membahayakan kesehatan.
3.     Sayur- Mayur
Sumber makanan ini tidak kalah penting dari yang lainnya. Salah satu sayuran yang paling banyak macamnya adalah sayuran berdaun hijau seperti bayam, kangkung, sawi, brokoli, daun papaya, daun singkong, dan lain sebagainya. Sayur merupakan sumber antioksidan yang bermanfaat untuk menghindari kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas.
Intinya, jangan sampai salah dalam memilih dan mengelola sayur. Sebisa mungkin pilih sayur organic dan hindari memasak sayur terlalu lama agar nutrisinya tidak hilang.
4.     Buah – Buahan
Sebagai sumber mineral, vitamin, dan serat, buah tentu tidak boleh dilupakan dalam menu harianmu. Di balik warna buah, ternuata tersimpan kandungan nutrisi yang berbeda. Misalnya, buah warna hijau kaya akan vitamin C, beta karoten, folat, serta kalsium yang baik untuk penderita kolesterol, kesehatan mata, pencernaan, dan menangkal radikal bebas.
Sedangkan, buah berwarna kuning memiliki kandungan beta karoten, vitamin C dan kalium yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi, memperlancar metabolisme dan mencegah kanker.
5.     Susu
Sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral yang ada dalam susu baik untuk tulang dan dapat diandalkan sebagai sumber energi. Di Indonesia sendiri susu sapi paling terkenal, namun akhir- akhir ini muncul berbagai jenis susu seperti kedelai, kambing, kuda, hingga dari kacang almond.
Maka dari itu, selain 4 Sehat 5 Sempurna kita juga harus makan-makanan yang menunjang Kesehatan kehidupan kita yaitu makanan sunnah yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW. Insya Alloh hidup kita akan hidup sehat dan tidak gampang sakit.

Makan Sunnah Islami

Sedia makanan halalan toyyiban ala sunnah Rasulullah Muhammad Saw. sesuai ajaran Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar