Pages

10 Makanan Sunnah Sehat Ala Rasulullah


Tahukah Anda, Rasulullah Muhammad Saw. selama hidupnya hanya mengalami dua kali sakit? Pertama, ketika diracuni seorang Yahudi yang menyajikan makanan kepadanya. Kedua, sakitnya beliau ketika menjelang wafat.

Hal tersebut menadakan bahwa sosok nabi umat Islam ini adalah pribadi yang sehat. Beliau selalu menerapkan pola hidup sehat pada kesehariannya. Salah satunya, Rasulullah selalu makan makanan yang baik dan dapat menjaga kesehatannya.

Berikut kami rangkum 10 Makanan Sunnah Sehat Ala Rasulullah Saw.


1. Madu
Madu memberikan beragam manfaat untuk kesehatan yang sudah teruji secara klinis. Selain terbukti secara ilmiah, mengonsumsi madu juga dianggap baik karena sejalan dengan ajaran dalam Islam. Bahkan tentang manfaat madu ini dituliskan langsung dalam Alquran Surah An-Nahl ayat 69.

Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan (asysyifa) bagi manusia.

Madu juga merupakan minuman rutin yang dikonsumsi Rasulullah setiap hari. Madu disebut sebagai kunci hidup sehat Nabi Muhammad. Secara klinis madu dapat berfungsi sebagai prebiotik yang baik untuk pencernaan dan pengganti enzim saat sedang tidur. Ia dapat mengubah karakter air menjadi alkali yang baik untuk pencernaan. Selain itu, madu memiliki sifat antibakteri sehingga dapat membuat tubuh terhindar dari kuman penyakit. Madu juga terbukti dapat menghilangkan rasa nyeri 10 kali lipat lebih baik daripada morfin.


2. Habbatussauda
Habbatussauda atau jintan hitam atau syuwainiz ini disebut oleh Rasulullah Saw. sebagai penyembuh segala penyakit. Hal ini senada dengan hadits yang diriwayatkan Aisyah yang bercerita bahwa ia pernah mendengar Nabi Saw. bersabda yang artinya: “Sungguh dalam habbatussauda itu terdapat penyembuh segala penyakit, kecuali as-sam.” Aisyah bertanya, “Apakah as-sam itu?” Beliau menjawab, “Kematian”.

Komposisi kimia habbatussauda sangat kaya dan beragam. Di samping bahan utamanya crystallinenigellonehabbatussauda juga mengandung 15 asam amino, protein, karbohidrat, lemak (84% asam lemak, termasuk linolenat, dan oleat), minyak volatilealkaloidssaponindan serat kasar. Habbatussauda juga mengandung mineral penting seperti kalsium, besi, natrium dan kalium.

Adapun manfaat habbatussauda bagi tubuh di antaranya adalah memperkuat sistem kekebalan tubuh, meningkatkan daya ingat, konsentrasi, meningkatkan bioaktivitas hormon, menetralkan racun dalam tubuh, mengatasi gangguan tidur dan stress, mencegah tumor, anti histamin, anti-bakteri, obat bagi luka radang, dan meningkatkan jumlah ASI pada ibu menyusui.


3. Chiaseed
Apa itu Chiaseed dan apa saja manfaatnya ? Chiaseed adalah bijian-bijian kecil dari tanaman salvia hispanica, salah satu jenis tanaman mint. Warna chiaseed bervariasi dari hitam, abu-abu, maupun hitam dengan bercak-bercak putih.

Chiaseed mengandung banyak zat yang  bermanfaat bagi tubuh seperti asam lemak omega 3, serat, antioksidan, dan mineral. Keunggulan chiaseed, mengandung 8 kali lipat omega 3 dibandingkan salmon, 6 kali kalsium dibandingkan susu, 2 kali protein dibandingkan biji-bijian lainnya, 6 kali potassium dibandingkan pisang, 3 kali antioksidan dibandingkan blueberry, 3 kali zat besi dibandingkan bayam. Kelebihan chiaseed lainnya yaitu tidak mengandung gluten dan kaya akan antioksidan.


4. Buah Zuriat
Buah zuriat (doum) ialah buah yang disebut sebagai buah kesuburan yang sangat masyur di kalangan jamaah yang bertamu ke Makkah untuk melaksanakan ibadah haji ataupun umrah. Dari bahasa arab, nama zuriat sendiri mempunyai arti keturunananak cucu, ataupun benih.

Zuriat dikenal juga dengan istilah buah Adam atau buah Hawa, sebab buah ini dipercaya memiliki khasiat menyuburkan. Buah ini dapat memberi manfaat yang spesial untuk para suami istri karena memiliki  senyawa alami, yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan tubuh dan sistem reproduksi. Selain itu, buah ini juga masih memiliki berbagai manfaat lainnya terutama untuk manfaat kesehatan.


5. Kurma
Kurma merupakan buah yang unik. Unik karena Allah Swt. menyebutnya sebanyak 20 kali di 16 surah yang berbeda dalam Alquran. Unik karena Rasulullah Saw. menjadikan kurma sehari-hari sebagai makanan wajib keluarga.

Menurut berbagai penelitian, buah kurma mengandung dua pertiga unsur gula alami yang paling mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Tujuh butir kurma sebanding dengan 70 gram unsur penting yang dibutuhkan oleh tubuh (vitamin dan mineral). Jumlah tersebut akan membantu tubuh membersihkan diri dari racun yang tersimpan dalam sisa-sisa makanan.


6. Garam Himalaya
Disebut garam himalaya karena garam berbentuk kristal-kristal kecil ini berasal dari tambang terbesar kedua di dunia yang bernama Khewra Salt Mine yang berada di kaki pegunungan Himalaya yang terletak di antara Pakistan, India, Tiongkok, Bhutan dan Nepal. Garam ini menjadi semakin dicari karena diklaim lebih sehat dibandingkan dengan garam dapur.

Manfaat lain dari garam himalaya yaitu untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi dari makanan, menjaga kesehatan pembuluh darah, kekuatan tulang, fungsi saluran pernapasan, ginjal, dan kandung empedu.


7. Kacang Almond
Kacang almond mengandung vitamin, mineral, protein, dan serat, sehingga dapat menawarkan sejumlah manfaat kesehatan. Satu ons almond mengandung seperdelapan dari kebutuhan protein harian seseorang. Mengonsumsinya secara rutin dipercaya dapat mengurangi masalah kesehatan seperti kanker, serangan jantung, obesitas, dan diabetes.


8. Kismis Golden
Kismis merupakan salah satu makanan yang tinggi akan antioksidan. Antioksidan ini sangat penting untuk menangkal radikal bebas dan mencegah kankerKismis juga mempunyai kalori yang tinggi sehingga mampu memberikan asupan energi sehari-hari dan memberikan rasa kenyang. Selain itu, kismis bisa menjadi obat untuk sulit buang air besar, gejala anemia, dan memperlancar peredaran darah.


9. Minyak Zaitun
Buah Zaitun memiliki banyak manfaat. Namanya pun diabadikan dalam Alquran dengan satu nama surah khusus, yakni Surah At-Tin. Tak hanya di Alquran, dalam sejumlah riwayat Rasulullah Saw. pernah meminta umatnya agar mengonsumi zaitun. Dalam hadist riwayat Ahmad dan Tirmidzi, Rasulullah Saw. bersabda, ”Makanlah zaitun dan gunakanlah ia sebagai minyak, karena ia tumbuh dari pohon yang diberkahi.”

Manfaat buah zaitun sendiri sudah sejak lama dikanal baik untuk kesehatan tubuh. Di banyak negara, buah ini umumnya digunakan saat sudah diolah menjadi minyak, mulai untuk memasak, merawat kulit, hingga menutrisi rambut. Selain itu, kandungan nutrisinya juga meningkatkan kesehatan jantung, mencegah risiko kanker, mendukung kepadatan tulang, dan mengontrol kolesterol jahat.


10. Saffron
Saffron adalah tanaman termahal di dunia. Satu pound saffron (453 gram) yang bewarna merah adalah hasil ekstrak 100.000 kuntum bunga. Saking mahalnya, sebagian kalangan menyebutnya sebagai emas merah.

Selain untuk makanan, saffron juga digunakan sebagai obat. Kabarnya, saffron bisa menyembuhkan berbagai penyakit seperti asma, batuk rejan dan mengurangi dahak. Ia juga digunakan untuk mengatasi insomnia, kanker, depresi, alzheimer, shock bahkan mempertebal arteri dan menghaluskan kulit kering. Selain itu, Saffron dimanfaatkan untuk mengatasi kejang sebelum dan saat menstruasi, mengobati ejakulasi dini, kemandulan sampai kebotakan.


Itulah 10 Makanan Sunnah Sehat Ala Rasulullah yang pastinya merupakan makanan yang baik dan menyehatkan. Anda ingin tahu lebih lanjut tentang 10 makanan sunnah tersebut dan makanan sunnah sehat lainnya? Atau Anda ingin membelinya? Silakan kunjungi www.makanansunnahislami.com atau kontak Admin kami di https://bit.ly/ChatMakananSunnahIslami.

Makan Sunnah Islami

Sedia makanan halalan toyyiban ala sunnah Rasulullah Muhammad Saw. sesuai ajaran Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar