Pages

Berdoa Sebelum Makan Dan Minum


***
Berdoa merupakan salah satu amalan yang tak boleh terlewatkan dalam menjalani aktivitas sehari-hari, salah satunya ketika sebelum dan sesudah makan. Dengan doa, diharapkan aktivitas yang dijalani akan penuh dengan keberkahan.
Dalam Islam, aktivitas makan juga tak luput dari doa. Setiap orang yang hendak makan dan menyudahi makannya dianjurkan untuk membaca doa.
Dengan membaca doa sebelum makan, diharapkan mendapatkan keberkahan atas apa yang dimakan dan terhindar dari apa yang membahayakan di akhirat.
Diriwayatkan oleh Aisyah radhiyallahu'anha, Nabi Muhammad bersabda, "Apabila kalian hendak makan, bacalah 'bismillah', jika lupa tidak membaca basmalah di awal, bacalah 'bismillahi fi awwalihi wa akhirihi". (HR Abu Daud No. 3275)
Menyebut nama Allah sebelum makan berfungsi mencegah setan dari ikut berpartisipasi menikmati makanan tersebut. Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu mengatakan, “Apabila kami makan bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, maka kami tidak memulainya sehingga Nabi memulai makan. Suatu hari kami makan bersama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, tiba-tiba datanglah seorang gadis kecil seakan-akan anak tersebut terdorong untuk meletakkan tangannya dalam makanan yang sudah disediakan. Dengan segera Nabi memegang tangan anak tersebut. Tidak lama sesudah itu datanglah seorang Arab Badui. Dia datang seakan-akan di dorong oleh sesuatu. Nabi lantas memegang tangannya. Sesudah itu Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya syaitan turut menikmati makanan yang tidak disebut nama Allah padanya. Syaitan datang bersama anak gadis tersebut dengan maksud supaya bisa turut menikmati makanan yang ada karena gadis tersebut belum menyebut nama Allah sebelum makan. Oleh karena itu aku memegang tangan anak tersebut. Syaitan pun lantas datang bersama anak Badui tersebut supaya bisa turut menikmati makanan. Oleh karena itu, ku pegang tangan Arab Badui itu. Demi Allah yang jiwaku ada di tangan-Nya sesungguhnya tangan syaitan itu berada di tanganku bersama tangan anak gadis tersebut.” (HR Muslim)

Doa sebelum makan
"Allahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa 'adzaa bannaar"
Artinya: "Ya Allah, semoga Engkau berkenan memberikan berkah (kemanfaatan) kepada kami atas apa yang telah Engkau anugerahkan kepada kami dan semoga Engkau berkenan menjaga kami dari siksa api neraka yang menyakitkan".
Tak hanya sebelum makan, berdoa juga dianjurkan dilakukan setelah makan. Doa yang dilantunkan sebagai bentuk rasa syukur karena telah mendapatkan rezeki berupa makanan.

"Alhamdulillahilladzi ath-amanaa wa saqoonaa wa ja'alanaa minal muslimiin"
Artinya: "Segala puji bagi Allah yang teah memberikan kami makan dan minum serta menjadikan kami termasuk dalam golongan orang-orang yang berserah diri".
Itulah doa sebelum dan sesudah makan lengkap dengan artinya!



WhatsApp: 0821-1002-2862 atau https://wa.me/6282110022862

Makan Sunnah Islami

Sedia makanan halalan toyyiban ala sunnah Rasulullah Muhammad Saw. sesuai ajaran Islam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar